Wednesday, July 3, 2013

Jepang Luncurkan Robot Yang Mampu Bicara ke Luar Angkasa

Demi merealisasikan keingintahuan manusia untuk mengekplorasi luar angkasa, Jepang membuat sebuah robot kecil yang mampu berbicara untuk dikirimkan ke luar angkasa. Robot tersebut diberi nama Kirobo, robot humanoid yang diproyeksikan sebagai “robot astronot” yang mampu berkomunikasi dengan manusia ketika dia berada di luar angkasa. Robot canggih ini dijadwalkan akan diluncurkan ke Stasiun Antariksa Internasional pada 4 Agustus mendatang.
Kirobo Jepang Luncurkan Robot Yang Mampu Bicara ke Luar Angkasa
“Rusia adalah yang pertama pergi ke luar angkasa, AS adalah yang pertama pergi ke bulan, dan Jepang ingin menjadi yang pertama untuk mengirim robot astronot ke ruang angkasa yang dapat berkomunikasi dengan manusia,” kata Yorichika Nishijima, manajer proyek Kirobo kepada The Associated Press seperti yang dilansir Mashable (28/06).
Nama Kirobo berasal dari kombinasi dua kata bahasa Jepang yakni “Kibo” yang berarti harapan dan juga Robo yang bermakna robot. Nama tersebut dipilih dari sekitar 2.452 orang yang tertarik dalam proyek tersebut. Stasiun pengembangan robot ini pun diberi nama Kibo Lab.


Kirobo memiliki ukuran 13,4 inci atau sekitar 34 cm dan juga dilengkapi dengan berbagai teknologi yang mutakhir seperti teknologi pengenalan suara, pengolahan bahasa alami, pengenalan wajah, kamera, pengakuan emosi dan kemampuan untuk berbicara bahasa Jepang.
Kirobo dijadwalkan untuk memulai petualangan baru nya di luar angkasa pada bulan Agustus atau September mendatang dan akan kembali ke bumi pada bulan Desember 2014.
Beberapa waktu yang lalu Kirobo sempat mengeluarkan kata-kata pertama nya ketika dia ditanyai tentang apa mimpi yang dimiliki nya oleh seorang pejabat dari Toyota Motor corp yang merupakan mitra dari proyek Kibo tersebut. saat ditanya pertanyaan itu, kirobo menjawabnya dengan kalimat “Saya ingin membantu menciptakan sebuah dunia di mana manusia dan robot bisa hidup bersama,” kata nya.
Insinyur proyek bersama dengan para ilmuwan sebelumnya juga telah mengembangkan sebuah robot dengan kemampuan komunikasi layaknya Kirobo, robot kedua ini diberi nama Mirata. Namun kabarnya robot yang memiliki fungsi yang sama dengan Kirobo ini akan tetap berada di Bumi.
Kirobo rencananya akan meluncur bersama pesawat tanpa awak yakni cargo-carrying spacecraft H-2 Transfer Vehicle-4 dari Tanegashima Space Center yang berlokasi di bagian selatan Jepang, selamat bertugas Kirobo! (AN)

http://www.youtube.com/watch?v=VcuFk-QK5CM&feature=player_embedded



No comments:

Post a Comment